Persiapan Umroh

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Alhamdulillah, saya dan suami awal tahun ini mendapat kesempatan berharga untuk menjadi tamu Allah. Kami dimampukan untuk laksanakan umroh :’)

Our very first umroh. There gonna be the next, Insya Allah.

Kami ikut paket umroh reguler 9 hari dari Molino Scout and Tourism Travel, yang bekerja sama dengan An Noor Travel Jakarta. Kami berangkat dari Pontianak pada 26 Januari 2013, dan kembali ke Pontianak pada 5 Februari 2013.

Berhubung ini adalah perjalanan kami yang pertama menuju tanah suci *Insya Allah akan ada yang berikut2nya hehe*, maka belum ada gambaran yang jelas tentang seperti apa nanti ya suasana di sana. Googling2, baca-baca pengalaman orang-orang yang sudah lebih dulu berangkat umroh, lumayan lah jadi tau harus siap-siap apa saja selama di sana. Anyway, every journey has its own story. Setiap perjalanan umroh, tentu tak sama. Ya kan?

Tapi jelas, walopun begitu, berhubung perjalanannya sama-sama dari Indonesia (especially kalo berangkatnya dari Pontianak), persiapan-persiapan yang akan saya share di sini semoga bermanfaat sebagai salah 1 referensi teman-teman sebelum menjalankan umroh.

Nah, selain persiapan fisik dan mental, persiapan barang-barang bawaan juga sangat penting. Bawa apa saja sih untuk umroh?

Pertama, siapkan 3 jenis tas: Tas Bagasi (Koper dorong, biasanya dikasih sama Travelnya), Tas untuk di Cabin (Ada travel yang siapkan, ada juga yang tidak), tas selempang/tas pinggang (Biasanya disiapkan oleh Travel).

Perlengkapan Tas Cabin

Berdasarkan pengalaman kami, untuk tas cabin, sebaiknya gunakanlah tas ukuran sedang yang ada rodanya supaya tak berat menjinjing. Atau, gunakan tas ambing/backpacker bag.

Isi tas cabin:

  1. AlQur’an yang biasa teman-teman gunakan untuk tilawah harian
  2. Buku bacaan/Buku doa umroh (biasanya disediakan Travel).
  3. Jaket (untuk di dalam pesawat)
  4. Gadget (HP, Laptop, Kamera, beserta chargernya, travel charger juga, penting pisaaan)
  5. Alat shalat
  6. Makanan ringan/obat-obatan (bukan obat dalam bentuk cairan)/vitamin
  7. Sandal (yang ringan2 saja)
  8. Alat tulis
  9. Sikat + pasta gigi, facial wash
  10. 2-3 helai pakaian dalam.
  11. Kacamata hitam

Teman-teman juga boleh pertimbangkan untuk memasukkan paling tidak 1 helai pakaian ganti, terutama jika akan menginap dulu sebelum berangkat ke Jeddah.

Perlengkapan Tas Bagasi

Isi tas bagasi:

  1. pakaian atasan/gamis
  2. Kain ihrom (khusus laki-laki, biasanya disiapin sama travelnya)
  3. pakaian tidur 3 helai
  4. celana panjang (untuk dalaman gamis)
  5. sepatu haji putih (pilih yang ringan agar nyaman).
  6. kantung sepatu
  7. tas pinggang atau tas selempang yang masuk mukena, tempat minum dan sepatu (buat ke masjid, buat tawaf dan sai, karena susah jika menitipkan sepatu di kotak penitipan masjid, mengingat masjidnya sangat besuar )
  8. masker/slayer. Kalo siang, puanasss.
  9. minyak kayu putih, balsem, obat-obatan. Untuk obat2an, boleh dimasukkan ke tas cabin asalkan bukan dalam bentuk cairan yang volumenya lebih dari 100ml.
  10. Vitamin C
  11. Mukena. Atau, jika teman-teman biasa berjilbab lebar, cukup bawa bawahannya saja. Untuk jaga-jaga jika shalat di hotel 🙂
  12. Handuk kecil, tissue basah.
  13. Payung (tapi gak bawa juga gpp sih)
  14. Kaos kaki, minimal 6 pasang.
  15. Pakaian dalam
  16. Sajadah
  17. Gunting (untuk tahalul)
  18. Perlengkapan kecantikan: sunblock, handbody, lipbalm
  19. Kantung kresek untuk cucian kotor
  20. Tas plastik yang bisa dilipat, ini kalo teman-teman berencana belanja oleh-oleh. Karena, biasanya sih, pergi bawa tas 2, pulang ke tanah air tasnya bisa ‘beranak’ jadi 4 hehehe.
  21. Tempat minum (untuk air zam-zam, buat dibawa ke hotel, atau buat dibawa saat sa’i)
  22. Perlengkapan mandi: sabun, shampoo, dll

Untuk yang laki-laki, mirip-miriplah. Jangan lupa bawa celana putih. Banyak dijual di toko perlengkapan haji dan umroh. Kalo di Pontianak, bisa beli di Toko Ahmadali di Pasar Sudirman, harga terjangkau 😀 *eaaak promosi :P*

Demikianlah beberapa perlengkapan umroh yang boleh teman-teman pertimbangkan untuk dibawa. Semoga bermanfaat dan menambah kekhusyuan ibadah umrah 🙂

“Labbaikallahummalabbaiik..”

Kunjungi juga “Tentang umroh” di sini:

1. Dokumen yang Perlu Disiapkan Sebelum Umroh

2. Persiapan Umroh: Ganti SIM Card

3. Umrah: Traveling Spiritual

4. Waktu Terbaik untuk Umrah

5. Tata Cara Umrah

6. Tempat dikabulkan berdoa saat haji dan umrah

7. Tips jitu lancar umrah

8. Lebih dekat dengan Rasulullah di tempat ini

9. Tempat Wisata ‘wajib’ saat umrah

10. Berburu oleh-oleh saat umrah

11. Tempat Suntik Vaksin Meningitis

4 thoughts on “Persiapan Umroh

  1. Mba, mau tanya donk, utk hari2an mesti pake kaos tangan ga sih? Ato boleh keliatan tangan nya? Trus bawa gamis brp pasang ya? :d

    Like

    1. Gak harus kak sisy. Kaos tangan dipake pas prosesi umroh aja, supaya tangan bagian depan tak kelihatan. Tapi kalau hijab kita panjangnya nutupin tangan, juga tak perlu kaos tangan lagi.

      Kalo gamis, bawa 3-4 pasang pun cukup kak 🙂

      Like

Leave a comment