Persiapan Umroh: Operator Seluler

Yang juga sering menjadi pertanyaan para jamaah yang akan berangkat umroh adalah: haruskah ganti SIM Card ketika umroh?

Menjaga komunikasi dengan yang ada di tanah air tentulah membantu menjaga kekhusyuan ibadah umroh. Jadi, tak salah jika ini menjadi bahan pertanyaan.

Ganti SIM Card atau tidak, sebetulnya pilihan masing-masing sih. Kalau teman-teman punya budget yang cukup untuk ‘memberi makan’ operator seluler yang saat ini teman-teman gunakan selama di Saudi nanti, ya tak usah ganti SIM Card juga tidak mengapa.

Tapi, jika ingin berhemat, boleh lah mempertimbangkan untuk ganti SIM Card. Di Saudi, setau saya, ada 3 operator seluler: Zain, STC, dan Mobily. Biasanya, begitu tiba di Jeddah, mutawwif/pembimbing umroh akan menawarkan kepada jama’ah yang ingin ganti SIM Card. Rata-rata, SIM Card dijual seharga SR40 (atau sekitar Rp. 100.000).

Untuk paket Blackberry, STC dan Mobily menawarkan paket sebulan sebesar 79 Riyal (sekitar 205.400 Rupiah). Tapi di website Zain konon ada promo sebesar 45 Riyal (sekitar 117.000 Rupiah) untuk 2 bulan pertama bagi para pendaftar baru. Sayang tidak disebutkan kapan promo akan berakhir. Jadi tidak bisa dipastikan apakah promo tersebut akan bisa digunakan oleh para jemaah haji.

Perlut diingat bahwa paket sebulan adalah fix 30 hari. Menurut perhitungan, jemaah haji ONH biasa akan tinggal selama 35-40 hari di Saudi. Oleh karena itu harap sikapi dengan bijaksana paket sebulan tersebut. Pada hari ke-31, bisa jadi fasilitas BB sudah tak aktif. Di lain pihak, kalau teman-teman mempunyai pulsa lebih dari 79 Riyal di BB, maka pada hari ke-31 akan langsung disedot. Jadi daripada  marah-marah di hari ke-31 (karena pulsanya tersedot banyak atau BB-nya tidak berfungsi), lebih baik pahami situasi ini sebelumnya. Tapi umrohnya kan ga nyampe sebulan ya, jadi tak perlu marah-marah hehe.

Selain paket sebulan, STC dan Mobily juga menawarkan paket seminggu dengan harga 29 Riyal (sekitar 75.400). Ini mungkin cocok dipakai teman-teman yang akan berumroh.

Aktivasi Blackberry:

STC monthly: tulis 8811 kirim SMS ke nomer 902
STC weekly: tulis 8844 kirim SMS ke nomer 902
Mobily monthly: tulis BIS kirim SMS ke nomer 1100
Mobily weekly: tulis BIS7 kirim SMS ke nomer 1100
Zain: tulis BIS kirim SMS ke nomer 700400

Yang pake android, bisa tanya langsung ke mutawifnya untuk aktivasi.

Ohiya, seringkali terjadi, jamaah umroh sudah ganti SIM Card tapi tetap tak bisa menghubungi keluarga di tanah air. Kenapa begitu? Ternyata, saat menelpon lupa menambahkan kode area. Untuk Indonesia, ganti angka 0 dengan +62 atau 0062, diikuti dengan nomor HP. Misal, nomor HPnya 08134500000. Maka ketika akan menelpon/SMS, nomornya diganti menjadi: +628134500000. Bagaimana jika yang di Indonesia mau menelpon/sms balik? Pake kode area juga. Biasanya sih, kalo kita sudah menghubungi ke sana, yang di Indonesia otomatis sudah menerima nomor HP kita lengkap dengan kode area Arab Saudi, yaitu +966. Hal sepele begini kadang luput  juga dari perhatian ^^v

Oke deh. Selamat menjalankan ibadah umroh dengan tetap mengabari orang-orang tersayang di tanah air🙂

3 thoughts on “Persiapan Umroh: Operator Seluler

  1. Ary says:

    Maaf, saya Jual RIYAL khusus pecahan 1, 5 & 10. Untuk Umroh & Haji
    lokasi Jakarta Selatan/Jabodetabek

    hub Ary : 02194396817 (esia, sms dulu jg gpp)😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s