Kapan Waktu Terbaik Untuk Umrah?

Umrah adalah kegiatan traveling ke Tanah Suci sekaligus waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Ternyata, ada waktu-waktu terbaik untuk menjalankan umrah. Mau tahu kapan saja?

Ber-traveling menikmati Tanah Suci sambil mendekatkan diri kepada Allah, akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupa. Tidak bisa sembarangan, umrah memiliki waktu-waktu tertentu dan juga waktu terbaik untuk dilakukan.

“Biasanya umrah dilakukan pada awal tahun yang juga menjadi awalnya kegiatan umrah dalam satu tahun tersebut, yaitu sekitar bulan Februari-April,” kata Artha Hanif, Sekjen Asosiasi Muslim Peyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), kepada detikTravel, Kamis (19/7/2012).

Artha menambahkan, dari bulan Februari hingga April merupakan low season sehingga biayanya jauh lebih murah, sekitar US$ 1.700-2.000 atau sekitar Rp 16-18 juta. Pada bulan Mei-Juli dan juga bulan Ramadan, merupakan high season yang mana biayanya dapat mencapai US$ 2.600-3.000 atau sekitar Rp 24-28 juta.

“Biasanya pada bulan-bulan awal (Februari-April) cuacanya sedang bersahabat, saat itu tidak panas dan tidak juga dingin,” lanjut Artha.

Musim umrah berlangsung pada bulan Muharam sampai Ramadan. Setelah Ramadan akan memasuki bulan haji, sehingga hanya orang-orang yang ingin menjalankan ibadah haji dan memiliki visa ibadah haji bisa datang ke Tanah Suci.

“Biasanya waktu terbaik untuk melakukan umrah adalah di bulan Ramadan, karena pengunjung dapat merasakan ibadah berpuasa dan juga mendapatkan malam Lailatul Qadar di Tanah Suci,” tambah Artha.

Dalam kesempatan yang berbeda, Baluki Ahmad, Ketua Himpunan Pengusaha Umrah dan Haji (HIMPUH) mengatakan jika ingin melakukan umrah, ada baiknya Anda menghubungi agen perjalanan terlebih dulu. Sebab, kegiatan umrah mengikuti bulan Hijriyah bukan bulan Masehi. Hal ini pun membuat Anda harus berkonsultasi kepada agen perjalanan untuk merencanakan jadwal kepergian dan perjalanan umrah Anda.

“Sebenarnya musim umrah tidak bisa dipatok pada bulan-bulan Masehi tertentu, karena umrah mengikuti bulan Hijriyah,” kata Baluki pada detikTravel.

Jadwal kunjungan untuk umrah pun dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Saudi Arabia, sehingga Anda bisa mengeceknya di ratusan agen perjalanan haji dan umrah baik itu AMPHURI atau HIMPUH. Oleh karena itu, ayo siapkan jadwal kunjungan Anda ke Tanah Suci untuk umrah, sejak sekarang.

Sumber: detikTravel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s