Faktor Penyebab Kurus

Penyebab Seseorang Bertubuh Kurus

Ada berbagai faktor penyebab seseorang bertubuh kurus. Kebiasaan makan yang kurang mementingkan lemak dan karbohidrat, atau karena penyakit, keturunan, dan sebagainya.

Coba tengok kedua orang tua kita, atau saudara-saudara kandung maupun para sepupu kita, apakah mereka juga memiliki masalah serupa, yaitu susah gemuk? Jika ya, besar kemungkinan kita memang kurus secara genetika.ย Untuk masalah kurus yang diakibatkan oleh genetika, tentunya agak sulit untuk bisa gemuk, namun bukan mustahil. Contohnya, bapak saya hehe. Kakek dan nenek (Allahuyarham) dari sebelah bapak keduanya kurus. Saudara-saudara bapak pun tak ada yang gemuk. Tapi bapak saya jumbo ๐Ÿ˜€

Kembali ke faktor penyebab kurus, penurunan berat badan membuat imunitas tubuh ikut menurun. Akibatnya, risiko terhadap serangan penyakit infeksi akan meningkat. Namun, tidak berarti semua orang kurus tidak sehat badannya.ย Ada yang berperawakan kurus, tapi kesehatannya cukup baik dan energik. Dalam kasus demikian, mungkin itu faktor bawaan. Buat dia, makan banyak pun “tidak akan jadi daging”.

Banyak kasus kekurusan terjadi lantaran kurangnya asupan makanan yang dikonsumsi. Atau, kandungan kalori makanan yang dipilihnya rendah, sehingga kalori yang masuk kurang, meskipun jumlah makanan yang dikonsumsi banyak. Itu terjadi, misalnya, pada mereka yang mementingkan makan sayur dan buah-buahan, tanpa asupan protein hewani serta karbohidrat yang cukup.

Faktor lain, mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan nafsu makan turun, sehingga asupan energinya pun menjadi rendah. Mereka yang mengidap penyakit infeksi kronis seperti TBC, gangguan hipertiroid, gangguan pencernaan dan penyerapan, kanker, dll. termasuk di dalamnya. Tentu yang begini harus segera dikonsultasikan pada dokter agar penyebab utamanya segera ditangani.

Menurunkan bobot badan secara berlebihan yang banyak terjadi pada para gadis remaja pun acap kali dilakukan tanpa mempertimbangkan asupan makanan yang semestinya dipenuhi. Ini bisa berakibat bobot badan terus turun.

Seseorang yang “maniak olahraga” pun bisa menjadi terlalu kurus, kalau energi yang dikeluarkan tidak seimbang dengan asupan makanan yang dikonsumsi.

Sumber: tabloidnova dan media sehat

14 thoughts on “Faktor Penyebab Kurus

  1. Banyak yang pengen kurus. Ade gak yang pengen Gemuk. Diriku yang dulunya kurus, sekarang gemuk. d(โ—•_โ—•)b

    Like

    1. waduh, saya ga bisa jawab dari segi medis ya ini mbak hehe.. ini saya jawab dari pendapat pribadi saja ๐Ÿ™‚

      menurut saya, tergantung kuantitas dan kualitas tidur.. kalo kebanyakan, bisa bikin obesitas, kalo kurang tidur, muncul penyakit lain yang bisa saja menjadi salah 1 pemicu badan remaja menjadi kurus. begitu ๐Ÿ™‚

      Like

  2. assalamu alaikum wr-wb
    .saya arifin berusia 24 tahun pak.aku kurus makan saya memang kadng tidak teratur.dulu waktu sd sampe smp bnd saya biasa saja,namun sejak aku beranjak sma bdnd saya sudah mulai kurus.aku sering onani pak,apakah perbuatan sprti i2 bisa menyebabkan kurus mohon jawabnx pak

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warohmatullah wabarakatuh..

      Pertama, izinkan saya mengabarkan bahwa saya perempuan, dan saya bukan dokter atau perawat hehe. Tapi izinkan juga saya menjawab berdasarkan kapasitas saya sbg blogger biasa ๐Ÿ™‚

      Sejauh ini, saya belum menemukan referensi mengenai hubungan badan kurus dengan kebiasaan onani. Namun, ada baiknya saudara arifin mulai menghentikan kebiasaan tsb, karena dari segi agama tidak dibenarkan. Jika sudah mampu menikah, sebaiknya menikah. Kalau belum, ditahan dengan shaum/puasa.

      Semoga dgn rutin berpuasa, badannya bisa lebih sehat dan tidak kurus lagi ya ๐Ÿ™‚

      Wallahualam bisshowwab.

      Like

  3. assalamu alaikum wr.wb.. mau tanya, badan saya dulu berisi dan padat.. tp sejak 2 tahun ini tmn2 selalu blg sy kurusan padahal tdk ada yg berubah dr pola mkn dan kebiasaan saya, sejak setaun ini saya selalu memikirkan penyakit keras sprt jantung yg bisa saja timbul pd diri kita, pdhl itu cm perasaan wa-was saya saja.. apakah itu penyebabnya?? mohon arahan

    Like

    1. wa’alaikumsalam wr wb

      saya jawab dengan pendapat pribadi ya, saya bukan orang medis soalnya, seriusss deh hehe..

      menurut saya, kekhawatiran berlebih, paranoid dengan hal2 yg belum terjadi, juga bisa mempengaruhi selera makan.. kalo mas deni ingin menghilangkan kekhawatiran dan was-was tsb, ada baiknya check up ke dokter.. sekalian konsultasi untuk dapatkan badan yang lebih ideal. Begitu mas ๐Ÿ™‚

      Like

  4. *ikutan ngomen
    >>many people want to be thin (slim),,,alasan yg plg sering muncul krn mw pk baju apa aja masuk,,,gerak bisa ringan,,,and many more benefit of being thin (slim),,,but.. mo gendut mo kurus yg penting gak penyakitan… bersyukur ajah “enjoy aja” hehehe ๐Ÿ˜€

    Like

Leave a comment