Percaya Diri itu…

Seberapa percaya diri kah anda?

Ciri orang yang percaya diri menurut Waterman (1980) yaitu orang yang memiliki kemampuan bekerja yang efektif, bertanggung jawab serta terancana matang dalam mengerjakan tugas dan tujuan masa depan.

Tidak terlalu berbeda dari gambaran di atas, Lauster ( 1978 ) menyebutkan ciri dari orang yang percaya diri adalah perasaan atau sikap tidak mementingkan diri sendiri, cukup toleransi, tidak memerlukan pengakuan orang lain, selalu optimis dan tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Gilmer (1978) menambahkan bahwa orang yang mempunyai, rasa percaya diri biasanya memiliki sikap berani menghadapi setiap tantangan dan terbuka terhadap pengalaman – pengalaman baru, berkat keyakinannya atas kemampuannya sendiri tersebut.

Beberapa ciri atau karakteristik individu yang mempunyai rasa percaya diri yang proporsional (Rini, 2002) di antaranya adalah:

  • Percaya akan kompetensi/ kemampuan diri hingga tidak membutuhkan pujian, pengakuan, penerimaan ataupun penghormatan orang lain Tidak terdorong untuk menunjukkan sikap konformis (mengorbankan hal-hal yang prinsip) demi diterima oleh orang lain atau kelompok.
  • Berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain (tidak jatuh mental), berani menjadi diri sendiri.
  • Punya pengendalian diri yang baik dan emosinya stabil.
  • Memandang keberhasilan atau kegagalan dari usaha sendiri, tidak mudah menyerah pada nasib atau keadaan serta tidak tergantung atau mengharapkan bantuan orang lain.
  • Mempunyai cara pandang yang positif terhadap diri sendiri, orang lain dan situasi diluar dirinya
  • Memiliki harapan yang realistis terhadap diri sendiri sehingga ketika harapan itu tidak terwujud, seseorang tetap mampu melihat sisi positif dirinya dan situssi yang terjadi.

Sebaliknya disebutkan ciri atau karakteristik individu yang kurang percaya diri, di antaranya adalah:

  1. Berusaha menunjukkan sikap konformis, semata-mata demi mendapatkan pengakuan dan penerimaan kelompok Menyimpan rasa takut/ kekhawatiran terhadap penolakan
  2. Sulit menerima realita diri (terlebih menerima kekurangan diri) dan memandang rendah kemampuan diri sendiri, namun di lain pihak memasang harapan yang tidak realistik terhadap diri sendiri
  3. Pesimis, mudah menilai segala sesuatu dari sisi negatif
  4. Takut gagal, sehingga menghindari segala resiko dan tidak berani memasang target untuk berhasil
  5. Cenderung menolak pujian yang ditujukan secara tulus (karena undervalue diri sendiri)
  6. Selalu menempatkan/ memposisikan diri sebagai yang terakhir, karena menilai dirinya tidak mampu.
  7. Mempunyai external locus of control (mudah menyerah pada nasib, sangat tergantung pada keadaan dan pengakuan/ penerimaan serta bantuan orang lain)

Seberapa PD kah anda? 😁

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s