Tips untuk yang Masih Berhutang

Saat bangkrut dulu, saya pun sama seperti Anda, yang gak punya uang dan banyak sekali hutang yang harus dibayar.

Kesel? Pasti…

Stress? Pasti…

Puyeng? Apalagi…

Wabil khusus kalau nilai hutangnya nyampe angka miliaran. Wong tetangga saya aja ada yang hutangnya cuma puluhan juta, sempat mau bunuh diri, saking frustasinya… untung gak jadi.

Ya begitulah gambaran orang yang gak punya uang dan banyak hutang. Ini persis yang digambarkan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dalam doa yang pernah diajarkan.

Abu Said Al-Khudhri RA bertutur: 

Pada suatu hari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah RA sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” 

Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” 

Beliau bertanya: ”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” 

Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah.” 

Beliau bersabda:

”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” 

Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud)

**

Coba perhatikan konteks doa yang diajarkan Rasulullah di atas, akan kita temukan beberapa poin, diantaranya: bingung, sedih, lemah, malas, pengecut, dan kikir. Betul?

Nah begitulah kondisi orang yang sedang berhutang. Tergambar jelas kondisi hati dan pikirannya dari isi doa tersebut.

Dan hal tersebut pernah Saya rasakan…

Bagaimana Saya bingung gimana caranya bisa menyelesaikan hutang tersebut…

Bagaimana Saya sedih setiap kali mendapatkan ancaman dan kekerasan dari para debt collector serta investor…

Bagaimana Saya lemah karena tak berdaya dan tak bisa bergerak kemana-mana, seperti kecoa yang terbalik dan tak bisa kembali jalan…

Bagaimana Saya malas karena dirasuki banyak ketakutan dalam setiap usaha yang dilakukan…

Bagaimana Saya jadi pengecut dan tak berani mengangkap telepon dari para pihak yang menagih Saya….

Dan bagaimana Saya menjadi kikir, pelit, jarang sedekah. Pikirku, “Wong hidup aja susah, apalagi sedekah…”

Sampai Saya akhirnya menemukan pola yang tepat untuk menghadapi masalah dan ujian tersebut.

Jadi, kalau kita dalam kondisi sempit, gak punya uang, dan banyak hutang, saran Saya beranikan diri untuk SEDEKAH.

Karena di para penduduk langit, sedekah itu bukan dari yang kaya ke yang miskin, tapi dari yang MAU ke yang MEMBUTUHKAN.

Orang miskin, bisa LAPANG, kalau dia dermawan…

Orang kaya, bisa SEMPIT, kalau dia pelit….

Terserah, Anda mau jadi golongan mana?

Atau jangan-jangan, udah miskin, pelit pula? 

Naudzubillahi min dzalik.

Imam Syafi’i pernah berkata:

Pekerjaan yang berat itu hanya ada tiga:

1. Bersedekah di saat sempit (sulit).

2. Menghindari dosa di saat sendiri. 

3. Berkata benar di hadapan orang yang ditakuti.

Nah, kan….

Perkataan tersebut Saya dapat dari timeline guru Saya, Mas Andre Raditya, yang juga inisiator SiJum (Nasi Jumat).

Sumber : Dewa Eka Prayoga

One thought on “Tips untuk yang Masih Berhutang

Leave a Reply

