Thank you 2016

2016 kemarin memberi saya sangat banyak pelajaran berharga. Pelajaran tentang kepercayaan, pengkhianatan, belajar sabar, belajar ikhlas, dan menambah syukur. Yang saya yakin kita semuanya masih dalam tahap mempelajarinya, hanya jenis kasusnya saja yang berbeda-beda. 

Sepanjang tahun kemarin, kejadian-kejadian mengejutkan silih berganti terjadi. Saya kehilangan banyak orang yang saya percaya di 2016. Dari kejadian-kejadian itu saya belajar, memang tak baik rupanya untuk terlalu banyak menceritakan sisi kita dan menumpah ruahkan rasa percaya pada manusia. Pelajaran yang sebetulnya sudah pernah saya pelajari di tahun 2008-2009. Rupanya saya belum lulus ujian untuk tema ini. 

Di 2016, ketika saya kehilangan cukup banyak kepercayaan, alhamdulillaah Allah masih berikan kepercayaan yang tak ternilai harganya. Yang dicari dan diidamkan nyaris banyak orang, yang tak sembarang orang bisa mendapatkan. Sayang sekali, ego saya ternyata kelewat besar untuk menyambut kepercayaan itu. Alih-alih memilih untuk menyambutnya dengan riang gembira, saya malah memilih lorong lain yang tetap terasa nyaman untuk saya. Pilihan yang tidak asal-asalan, tentu saja. Pondasi saya masih keimanan bahwa rezeki tak melulu berupa gaji bulanan. Kalopun harus ditafsirkan begitu, saya masih tetap percaya bahwa rezeki kita umat manusia pasti selalu 100%, tak pernah Allah kurang-kurangkan. 

2016 telah memberi saya banyak luka, juga banyak suka. Rasa suka yang alhamdulillaah hingga kini masih Allah titipkan pada saya adalah seorang lelaki bernama Abang Priana Ashri, yang hatinya begitu luas dan ikhlas mendapat jodoh seperti saya. Entahlah hatinya terbuat dari apa. Semoga kami bertahan sehidup sesyurga. 

Terima kasih, 2016. Selamat datang 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s