Get over it – Volare Chit Chat 27 Oct 2016

•#howtosayit : A Matter Of Fact / For That Matter

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah ‘A MATTER OF FACT’. Idiom ini terdiri dari beberapa kata yaitu kata MATTER, OF, dan FACT. Kata MATTER yang ejaannya M-A-T-T-E-R artinya adalah “Zat, bahan, benda atau soal”. Kata OF yang ejaannya O-F artinya antara lain adalah “Dari”. Kemudian kata FACT yang ejaannya F-A-C-T artinya adalah “Fakta”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka A MATTER OF FACT artinya adalah “Sesuatu yang memang benar dan bisa dibuktikan”. Idiom ini sinonimnya adalah “FOR THAT MATTER” yang artinya adalah “Sebetulnya atau berkenaan dengan hal itu”. Idiom ini digunakan untuk menegaskan sesuatu.

Berikut ini contohnya:

1. It’s a matter of fact that we don’t get along well, so why bother to be friend.
(Faktanya kita tidak bisa bergaul dengan baik, jadi mengapa harus pura-pura berteman)

2. As a matter of fact, John came into the room while you were talking about him.
(Sebenarnya John masuk ke ruangan ini saat kamu membicarakannya)

3. It was a matter of fact that Sally and Rudy were in relationship during the college time.
(Itu memang yang sebenarnya terjadi bahwa Sally dan Rudy adalah pasangan saat masa kuliah)

4. I don’t know where she is, and for that matter, I don’t care.
(Saya tidak tau dia dimana dan berkenaan dengan hal itu, aku tidak perduli)

•#idiom : Get Over It (Sophie Ellis-Bextor – Get Over You)

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

get-over-it

Hari ini idiom yang kita bahas adalah GET OVER IT. Idiom ini terdiri dari dua kata utama yaitu kata GET dan OVER. Kata GET yang ejaannya G-E-T artinya adalah “Mendapatkan”. Kemudian kata OVER artinya adalah “Selesai, berakhir atau di atas”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka GET OVER IT bermakna “Menjadi lebih baik dan melupakan segala sesuatu yang telah membuat perasaan menjadi tidak senang”. Memiliki makna yang sama dengan “Move On”.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

1. She left you over three years ago, get over it already!
(Dia meninggalkanmu selama lebih dari 3 tahun yang lalau, sudah lupakan saja!)

2. It took her months to get over Michael when he ended the relationship.
(Butuh berbulan-bulan baginya untuk melupakan masa lalu dengan Michael saat dia memutuskan hubungan itu)

3. You will get over the illness more quickly if you relax.
(Kamu akan sembuh lebih cepat kalau santai saja)

•#bilingual : President Obama Reads ‘Mean Tweets’

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

President Obama Reads ‘Mean Tweets’/ Presiden Obama Membaca “Kicauan Jahat”

“Mean Tweets” is a regular –and popular — part of Jimmy Kimmel’s late-night television show. He invites celebrities to look at Twitter and read negative comments that people have written about them. President Obama appeared on Kimmel’s “Mean Tweets” for the first time in 2015. That two-minute video has more than 46 million views on YouTube. One of the comments President Obama read said that he didn’t look stylish in a pair of jeans.

(‘Mean Tweets’adalah sebuah segmen harian dan terkenal yang merupakan bagian dari program televise tengah malam Jimmy Kimmel. Dia mengundang selebriti untuk melihat dan membaca komentar-komentar negative yang ditulis tentang mereka. Presiden Obama hadir dalam segmen ‘Mean Tweets’ pada program Kimmel untuk pertama kalinya di tahun 2015. Video berdurasi 2 menit itu sudah memiliki lebih dari 46 juta penonton di YouTube. Salah satu komentar yang dibaca oleh Pak Presiden adalah yang mengatakan bahwa beliau tidak terlihat bergaya saat mengenakan sepasang celana jeans)

Criticism of his pants returned this week, as Obama read the latest tweets about himself on Jimmy Kimmel Live. More than 9 million people have already watched the video. One of the tweets Obama read was: “Barack Obama dances like his jeans look.” Obama’s response? “This jeans thing, this is so … old. That was years ago, c’mon.”

(Kritik tentang celana jeans itu kembali lagi minggu ini, sebagaimana Obama membaca kicauan-kicauan terbaru tentang dirinya dalam siaran langsung Jimmy Kimmel. Lebih dari 9 juta orang sudah menonton video tersebut. Salah satu dari kicauan yang obama baca adalah “Barack Obama menari seperti bagaimana Jeans nya terlihat”. Bagaiamana respon Obama? “Masalah jeans ini lagi, Ini sudah sangat lama. Itu sudah bertahun-tahun yang lalu. Ayolah!”)

The President addressed many other critical tweets in the video. Obama also read a tweet from Republican presidential candidate Donald Trump. Trump once tweeted: “President Obama will go down as perhaps the worst president in the history of the United States!” Obama said of the tweet: “At least I will go down as a president.” The audience cheered and Obama dropped the phone from which he was reading.

(Presiden Obama menyebutkan banyak kicauan-kicauan yang mengkritisi dirinya dalam video tersebut. Obama juga membacakan kicauan dari kandidat presiden Parta Republik Donald Trump. Trump menuliskan di twitter “Presiden Obama akan jatuh sebagai mungkin presiden terburuk di sejarah Amerika Serikat!”. Obama berkata dalam kicauannya: “Setidaknya saya turun sebagai Presiden”. Para penonton bersorak dan Obama meletakkan telponnya selesai membaca)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s