Now and then – Volare Chit Chat 13 Oct 2016

il_340x270-1023454372_f7io

•#howtosayit : NOW AND THEN / ON AND OFF

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah NOW AND THEN. Idiom ini terdiri dari dua kata utama yaitu kata NOW dan THEN. Kata NOW yang ejaannya N-O-W artinya adalah “Sekarang”. Kemudian kata THEN yang ejaannya T-H-E-N artinya adalah “Kemudian/Nanti”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka NOW AND THEN artinya adalah “Tidak sering atau tidak rutin, atau kadang kala, sekali-sekali”.
Idiom ini memiliki sinonim yaitu ON AND OFF yang artinya “Sekali-sekali atau kadang-kadang”.

Berikut ini contohnya:

1. Now and then I like spicy food, like Indonesian sate (s-aa-t-ee), Indian curry or Thai noodles, but being an American I do like McDonald with french fries.
(Sekali-sekali saya suka makan yang pedas, seperti sate Indonesia, kari India, atau mie Thailand, tetapi sebagai orang Amerika saya memang suka McDonald dengan kentang gorengnya)

2. We’ve been dating on and off for six months now so it’s too soon to tell whether we’ll ever get married or not.
(Kami kadang-kadang saja berkencan selama enam bulan ini jadi terlalu pagi untuk memastikan apakah kami nanti akan menikah atau tidak)

3. We visit my parent snow and then, but we rarely see our other relatives.
(Kami mengunjungi orang tua saya sekali-sekali, tapi kami jarang menemui kerabat lainnya)

4. He only came to class on and off.
(Dia hanya datang ke kelas kadang-kadang)

•#idiom : White Out (Warpaint – White Out)

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah WHITE OUT. Idiom ini terdiri dari dua kata yaitu kata WHITE dan OUT. Kata WHITE yang ejaannya W-H-I-T-E artinya adalah “Putih”. Kemudian kata OUT yang ejaannya O-U-T artinya adalah “Keluar”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka WHITE OUT artinya adalah “Menutupi atau menghapus sesuatu sehingga tidak bisa dilihat atau dibaca” arti lainnya adalah “Tidak bisa melakukan sesuatu karena terjebak salju”. Lain halnya jika kata Whiteout ditulis bersambung maka maknanya adalah “Sebuah situasi dimana cuaca yang tertutup salju mengubah berkas cahaya yang menyebabkan hanya objek gelap yang terlihat”.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

1. I whited out the information on my computer screen.
(Saya menghapus informasi yang ada di layar computer saya)

2. Some of the words in the passage were whited out, and the students had to fill them in.
(Beberapa kata dalam teks tersebut dihapus, dan para siswa harus mengisinya)

3. The drivers were completely whited out during the blizzard.
(Para supir tidak bisa bergerak dan tertutupi selama badai salju)

•#bilingual : Google Announces New Product

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Google Announces New Product

Google has expanded its focus from services, such as Maps, Gmail and Chrome, to devices that include them. Google’s announcements of new products include a smart speaker, Wi-Fi router, video streaming device and virtual reality viewer. A new voice assistant, Google Assistant, will be included in many of these devices to obey spoken commands, translate phrases and perform tasks.

One of these device is Google Home. Google Home works as a speaker to play music from Google Music, YouTube, Spotify, Pandora and TuneIn. You can set your favorite music service so that you do not have to tell Home each time which one to use. Google Assistant can help users figure out which song they want to hear, so you can ask for “the Sia song from Zootopia” instead of saying the title.

Google Mengumumkan Produk Baru

Google sudah mengembangkan usahanya mulai dari layanan seperti Peta, Gmail dan Chrome hingga peralatan yang memasukkan aspek di dalamnya. Pengumuman Google tentang produk-produk terbaru terdiri dari Pengeras Suara Pintar, Router Wi-Fi, perlengkapan memutar video dan Pembaca VR. Sebuah Voice Assistant, Google Assistant, akan dimasukkan ke dalam peralatan ini untuk memperbolehkan perintah suara, menterjemahkan frasa dan melakukan perintah.

Salah satu peralatan tersebut adalah Google Home. Google Home bekerja sebagai sebuah pengeras suara untuk memainkan music dari Google Music, YouTube, Spotify, Pandora dan TuneIn. Kamu bisa mengatur layanan music favorit kamu jadi kamu tidak perlu memerintah Home setiap kali ingin menggunakannya. Google Assistant bisa membantu pengguna untuk mencari lagu apa yang ingin mereka dengarkan, jadi kamu bisa meminta lagu seperti “Lagu Sia dari Zootopia” daripada menyebutkan judulnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s