Shady Deal – Volare Chit Chat 1 Sep 2016

•#howtosayit : Shady Deal

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

idioms

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘SHADY DEAL’. Idiom ini terdiri dari dua kata yaitu kata SHADY dan DEAL. Kata SHADY yang ejaannya S-H-A-D-Y yang artinya adalah “Rindang atau teduh / terhindar dari sinar matahari”. Kemudian kata DEAL yang ejaannya D-E-A-L yang artinya adalah “Kesepakatan”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka SHADY DEAL artinya adalah “Kesepakatan yang diduga curang atau melanggar hukum meskipun tidak bisa dibuktikan”.

Berikut ini contohnya:

1. The lawyer got caught making a shady deal with a convicted felon.
(Pengacara tersebut tertangkap melakukan kesepakatan yang curang dengan seorang narapidana)

2. The company was notorious for shady deal.
(Perusahaan itu terkenal dengan kesepakatan yang melanggar hukum)

3. He was involved in his grandmother’s shady deals
(Dia terlibat dalam perjanjian yang melanggar hukum milik neneknya)

4. The papers are asking the city council to investigate the chief of public works. They think he’s got some shady deals with contractors who paid him bribes under the table to get contract to repair city’s road and bridges.
(Pihak media cetak meminta dewan kota untuk menyelidiki kepala pekerjaan umum. Menurut mereka, sang kepala tersebut melakukan perjanjian yang melanggar hukum dengan para kontraktor yang memberinya sogokan tanpa sepengetahuan siapapun demi mendapatkan kontrak untuk perbaikan jalan dan jembatan kota)

•#idiom : CARRY ON (Norah Jones – Carry On)

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Idiom yang akan kita bahas kali ini adalah ‘CARRY ON’. Idiom ini terdiri dari dua kata yaitu kata CARRY dan ON. Kata CARRY yang ejaannya C-A-R-R-Y adalah “Membawa”. Kemudian kata ON yang ejaannya O-N artinya antara lain “Hidup”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka CARRY ON memiliki arti antara lain “Melakukan sesuatu secara berkelanjutan, bersikap nakal, merayu seseorang, mengeluh akan sesuatu secara berulang-ulang”.

Berikut ini contohnya:

1. The children always carry on when the teacher’s out of the room.
(Anak-anak selalubersikap nakal ketika sang guru keluar kelas)

2. Billy, stop carrying on about your tummy ache like that.
(Billy, berhentilah mengeluh tentang sakit perutmu seperti itu)

3. Tom carried on with his boring speech for twenty minutes.
(Tom terus saja berbicara tentang hal yang membosankan selama 20 menit)

4. It looks like Linda is carrying on with James.
(Sepertinya Linda sedang merayu James)

•#bilingual : Remembering Actor Gene Wilder – Mengenang Actor Gene Wilder

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Remembering Actor Gene Wilder

This week, the United States lost a beloved actor and funny man. Gene Wilder, the wild-haired star of unforgettable comedy films, died Monday at the age of 83.

A family member said Wilder was diagnosed with Alzheimer’s disease three years ago. He said the actor kept the condition private so he would not disappoint fans.

Gene Wilder started his acting career on the stage. However, millions of people knew him from his work in film. His movies with director Mel Brooks were especially famous. They included “The Producers,” “Blazing Saddles” and “Young Frankenstein.”

He also made millions of child fans with his portrayal as the main character in “Willy Wonka and the Chocolate Factory.”

Mengenang Aktor Gene Wilder

Minggu ini, Amerika kehilangan actor kesayangan dan seorang pria yang lucu. Gene Wilder, si bintang berambut liar yang memainkan berbagai film comedy yang tak terlupakan, meninggal di usia nya yang ke 83 tahun.

Salah seorang anggota keluarga mengatakan bahwa Wilder didiagnosa mengidap penyakit Alzheimer tiga tahun lalu. Dia berkata bahwa sang actor menyimpan rapat-rapat penyakitnya dari publik agar tidak mengecewakan penggemarnya.

Gene Wilder memulai karir aktingnya dari dunia panggung. Namun, jutaan orang mengenalnya dari beberapa film yang ia bintangi. Film-film yang dibintanginya, terutama arahan sutradara Mel Brooks sangatlah terkenal. Film-film tersebut dengan judul “The Producers”, “Blazing Saddles”, dan “Young Frankenstein”.

Gene Wilder juga membuat jutaan anak-anak menjadi penggemarnya dengan perannya sebagai karakter utama dalam film “Willy Wonka and the Chocolate Factory”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s