I’m so into English – Volare Chit Chat 10 Ags 2016

  • howtosayit : ADD FUEL TO THE FIRE / ADD FUEL TO THE FLAME

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. 

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘ADD FUEL TO THE FIRE’. Idiom ini terdiri dari beberapa kata yaitu kata ADD, FUEL, TO, dan FIRE. Kata ADD yang ejaannya A-D-D artinya adalah “Menambah”. Kemudian kata FUEL yang ejannya F-U-E-L artinya adalah “Bahan bakar”. Kata TO yang ejaannya T-O artinya adala “Ke atau pada”. Terakhir kata FIRE yang ejaannya F-I-R-E artinya adalah “Api. Ketika menjadi sebuah idiom, maka ADD FUEL TO THE FIRE artinya adalah “Memperburuk atau memperuncing keadaan, atau membuat pertengkaran atau keadaan buruk menjadi lebih parah”. Kata FIRE juga bisa digantikan dengan kata FLAME yang artinya “Bara api” menjadi ADD FUEL TO THE FLAME.

Berikut ini contohnya:

1. Roger was already upset, and your making fun of his mishap just added fuel to the fire.

(Roger memang sudah kesal, dan olok-olokan kamu mengenai kejadian tak enak yang dialaminya hanya memperburuk keadaan)

2. Shouting at a crying child just adds fuel to the fire.

(Berteriak pada seorang anak kecil yang sedang menangis hanya memperburuk suasana)

3. Peter’s soothing words did not calm Mary but only added fuel to the flame. Mary became so furious that she started throwing things at him.

(Ucapan Peter yang bernada lembut tidak menenangkan Mary, malahan memperburuk keadaan. Mary menjadi begitu marah sehingga dia melempar apa saja ke arah Peter)

4. Should the government warn the public of terrorist threats, or is thismerely adding fuel to the fire?

(Haruskah pemerintah mengingatkan masyarakat tentang ancaman teroris, atau ini hanya semata-mata memperburuk keadaan?)

•#idiom : I’M SO INTO (…) (Ariana Grande – Into You)

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah I’M SO INTO (Something / Someone). Terdiri dari beberapa kata yaitu I’M, SO, dan INTO. Kata I’M merupakan bentuk singkat dari kata I AM yang artinya saya. Kemudian kata SO yang ejaannya S-O artinya adalah “Sangat”. Kemudian kata INTO yang ejaannya I-N-T-O artinya adalah “Kedalam atau sampai”. Ketika disatukan maka 

I’M SO INTO (Something/Someone) adalah sebuah ekspresi yang digunakan untuk mengungkapkan rasa sangat mencintai atau menyukai sesorang atau sesuatu hingga ingin menghabiskan waktu untuk bersama atau terlibat sesuatu dengannya. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

1. You should ask her out. I think she’s totally into you. (Kamu harus mengajaknya berkencan. Menurutku dia sangat menyukaimu)

2. I’m so into the guitar. I don’t think I can live without playing it. (Aku sangat menyukai gitar. Sepertinya aku tidak bisa hidup tanpa memainkannya)

3. I’m not into such kind of exhibition. Painting is not my hobby. (Aku tidak suka dengan hal seperti pameran. Melukis bukan kegemaranku)

•#bilingual : LAVA GOES TO THE SEA

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

LAVA GOES TO THE SEA

This spectacular footage filmed from a helicopter shows red-hot lava meeting the sea. 

The Kilauea volcano in Hawaii has been erupting for the past two months. The molten rock has now traveled six miles to the Pacific Ocean. 

Officials there say that the lava isn’t putting towns in danger but have warned tourists to keep their distance. But despite this warming, people could be seen near the flow, taking pictures and watching the spectacle.

LAVA MENGALIR KE LAUTAN

Sebuah aliran panjang yang mengagumkan terekam dari sebuah helicopter yang menunjukkan lava merah panas mengalir ke lautan.

Gunung Berapi Kilauea di Hawaii sedang meletus dan sudah berlangsung selama 2 bulan terakhir. Lelehan batu panas sekarang sudah mengalir sepanjang 6 mil menuju Samudera Pasifik. 

Pemerintah disana mengatakan bahwa aliran lava tersebut tidak membuat kota dalam bahaya tapi tetap memperingatkan para turis untuk menjaga jarak aman. Namun disamping peringatan tersebut, orang-orang bisa dilihat berada di dekat aliran lava itu, mengambil gambar dan menonton pertunjukan lava. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s