Berhenti Salah Gunakan Kata Autis

Masih sering sekali saya baca dan dengar, beberapa orang keliru dalam diksi. Entah sengaja keliru, entah tidak tau, entahlah. Adalah autis, kata yang sering disalahgunakan dan dianggap jokes oleh sebagian orang.  

Lagi bosan nih nungguin teman. Lama amat. Udah kayak orang autis nih mainkan hp terus daritadi


Si itu tu tiap hari kerjaannya ngadap hp, sibuk sorang, meng-autis terus


Dan sejenisnya.

Pernah dengar dan baca yang demikian juga kan?  

Jujur saja, saya sangat risih dan terganggu dengan penyalahgunaan kata ‘autis’ tersebut. Yang pertama saya bayangkan ekspresi wajahnya bukanlah orang yang dituduh autis, tapi seorang ibu atau ayah, yang qodarullah, anaknya terlahir dalam kondisi autis. 

Seperti cerita di halaman kompasiana ini seorang kakak yang memaparkan betapa justru adiknya yang autis itu jenius, dan pilu hatinya ketika mendengar ‘autis’ malah dijadikan bahan becandaan.

Kita semua pastilah sudah cukup dewasa untuk memahami bahwa autis, down syndrome, epilepsi, dan jenis disorders lainnya yang masih sering dijadikan bahan olok-olok, adalah kondisi yang tak seorangpun inginkan. Tak ada seorang calon ayah yang ketika istrinya sedang hamil, berharap agar anaknya kelak mengidap autis, down syndrom, atau penyakit apapun kan?

Ya, autis bukan bahan becandaan. Waspada jika mulai terbiasa, atau bahkan mulai nyaman menggunakannya, ternyata malah jadi doa. Na’udzubillahimindzaliik. Segera hentikan kebiasaan buruk itu mulai sekarang. 

*Tulisan ini tulisan lama saya, sengaja saya repost dari blog saya di dhzblog karena masih ada aja yang keliru menggunakannya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s