Kita dan Rencana yang Bikin Hidup Jadi Lebih Menantang

image

2015 sebentar lagi habis, dan beberapa orang tampaknya sudah sangat optimis dengan rencana-rencana mereka di 2016. Are you one of them?

Resolusi. Kata yang populer di ujung dan awal tahun. Lulus kuliah, dapat beasiswa, being settled di pekerjaan dan bisnis, menikah dengan idaman hati pujaan jiwa, punya anak, hidup sehat bahagia selama-lamanya dunia akhirat, itu dia harapan-harapan sebagian besar umat manusia tiap ditanya mau apa di tahun berikutnya. Ada yang Allah uji dengan kemudahan mendapatkan semuanya sekaligus, ada yang diuji dengan dicicil satu per satu, ada yang diuji dengan cara yang hanya Allah dan dia saja yang tau.

Ketika sharing di kelas, saya pernah berkata pada para siswa/mahasiswa saya bahwa menjadi manusia yang hidup dengan rencana itu jauh lebih kece daripada hidup dengan prinsip “biarkan mengalir seperti air”. Bagi saya, prinsip mengalir seperti air biarlah berlaku ketika segala macam ikhtiar dan lantunan doa akan rencana yang kita rancang sudah berjalan maksimal. Kalau dari awal sudah ngaliir aja, kok yaa rasa-rasanya seperti hidup tanpa visi. Karena itulah kita perlu rencana. Teman saya bilang, rencana-rencana dalam hidup itu bisa membuat hidup kita jadi lebih menantang loh.

Di 2016, saya yang sangat berbakat punya badan melar ini punya harapan supaya bisa bebas ngemil dan makan apa saja tapi bodi bisa tetap ideal seperti suami saya yang memang tidak punya bakat gemuk sama sekali. An absurd resolution, yes I know 😂. That’s why, saat saya tersadar bahwa teknologi buang lemak dengan aplikasi atau alat bakalan masih lama banget terwujudnya dan entahlah akankah saya masih hidup di era itu kelak, saya segera menuliskan rencana-rencana realistis demi terwujudnya berat badan ideal. Jangan anggap harapan ini harapan konyol, loh! Punya berat badan ideal dan tidak gampang melar ini berdampak di berbagai aspek dan rencana-rencana lainnya, terutama buat saya. Berbadan ideal impacts to economics, aesthetics, social, health, psychological side, endesbre endesbre 😎

Letak menantangnya adalah ketika kami *saya dan beberapa orang yang punya harapan sama* berjuang sekuat tenaga mewujudkan harapan tersebut. Menarik badan dari kasur yang senantiasa bermagnet tiap akan pergi olahraga, berusaha pura-pura lapar ketika cemilan sedang banyak-banyaknya, ajakan hangout yang dibarengi icip-icip, wow you guys don’t know how they will be such challenging challenges haha.

Itu sekedar contoh bagaimana rencana bisa bikin hidup jadi penuh tantangan untuk sebuah harapan sederhana. Bayangkan, seberapa besar tantangan yang akan teman-teman hadapi dengan harapan-harapan besar yang telah tertulis maupun sekedar dipetakan di kepala? Baru membayangkannya saja udah bikin berdebar ya🙂

Apapun rencana dan langkah yang kelak akan kita lewati di 2016, baik nanti bakalan terwujud atau tidak, harapan saya, kita semua menjadi manusia yang tak cuma bertambah usianya, tapi bertambah juga amal baiknya. Amalan-amalan baik yang semoga saja bisa jadi penyebab Allah memberikan kita rahmatNya, trus jadi penghuni syurga deh selama-lamanya 😁 Aamiin kaan yuuk mari.

So, what’s your plan for 2016? Are you ready to make them true?😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s