Tentang Kita dan Pekerjaan yang Kita Pilih

image

Kata Steve Jobs, satu-satunya cara memiliki kinerja oke adalah dengan mencintai apa yang kita kerjakan. Do you agree?

Saya setuju bahwa mencintai pekerjaan adalah cara yang ampuh agar kinerja kita kece dan memuaskan. Tapi kalau dibilang satu-satunya cara, well I think we can have more reasons to do great work, even if maybe we’re in a situation where we haven’t had any love to the job. Misalnya? Bekerja adalah ibadah, ikhtiar dalam rangka bertanggung jawab menafkahi anak istri, that’s also a very motivating reasons to do a great work, isn’t it? Meskipun tentu saja akan jauh lebih menyenangkan dan membahagiakan manakala kita menikmati dan sangat mencintai pekerjaan yang kita pilih.

Beda manusia, beda pilihannya. Setiap kita memiki interest dan passion yang beragam. Setiap kita punya alasan dan latar belakang kenapa kita pilih 1 pekerjaan yang kadangkala tak perlu kita jabarkan alasannya kepada orang lain. Maka, tak perlu merasa profesi yang kita pilih adalah profesi paling enak di dunia. Merasa superior karena nominal yang kita dapat tiap bulannya nol-nya banyak. Merasa kece sendiri karena profesi yang dijalani terbukti membuat kita bebas mau jalan kapan saja dengan keluarga. Merasa paling keren karena kerjaan kita bergengsi di mata masyarakat. Stop comparing what we do with what others do.

Orang-orang seperti saya, yang memilih menjadi kuli dengan cara berbagi ilmu dengan anak-anak orang yang datang dari berbagai daerah punya kepuasan yang tak bisa kami jelaskan kepada orang-orang seperti suami saya, yang memilih untuk menjadi ‘bos’ bagi diri sendiri. Pun orang-orang seperti beberapa teman saya yang memilih bekerja di perusahaan swasta dengan kerja shift-shiftan pagi sore malam, tentulah punya kepuasan kerja berbeda dari orang-orang seperti ibu saya yang kerja di kantor pemerintah dengan jam kerja senin hingga jumat dari pagi hingga sore. We’re just different but I believe we enjoy our job in our own ways.

Bagi saya, misalnya, yang dengan kesadaran penuh memilih MENJADI PENGAJAR sebagai lahan bekerja dan berdakwah, rasa puas dan bahagia selalu menyertai pada saat dan setiap selesai mengajar. Apalagi ketika yang diajak berbagi ilmu menampakkan antusiasme tinggi. Rasanya bahagiaaa sekali. I love that they love learning. I assume that they learn with pleasure. Kalo kata Alfred Mercier,

What we learn with pleasure we never forget.

And I totally agree with that. That’s why I always try my best to create a fun and pleasure ambience when teaching. Supaya proses berbagi ilmunya dijalani dengan penuh rasa bahagia sehingga ilmunya pun betah nempel berlama-lama di otak🙂

Pun demikian kan dengan teman-teman? Saya yakin, dalam tiap detail pekerjaan yang kita lakukan setiap harinya, paling tidak ada 1 atau 2 hal yang bisa membuat kita puas dan bahagia setelah selesai mengerjakannya. Kepuasan yang tak bisa kita jelaskan pada orang lain, karena yah begitulah, setiap orang punya interest dan passion yang berbeda. Jadi, kenapa harus merasa pekerjaan kita yang paling ideal?

image

Selagi kita senang dan bahagia mengerjakan pekerjaan kita masing-masing, banyak-banyaklah bersyukur. Kalaupun sekarang belum cinta dengan pekerjaan kitadan belum cukup berani memutuskan untuk beralih pekerjaan, just see from the bright side. Anggaplah sekarang sedang berada dalam zona tantangan, out of the box, you still get a lot of things from what you do no matter what😉.

Let’s stop interfering and judging others’ choices. Focus on yours. Nggrecokin pilihan kerjaan orang lain juga tidak menambah kualitas bahagia di hati kita, ya khaan? *ngomong sama diri sendiri karena dulu pernah begini hahahahah 😝*.

And finally, I just would like to say that I really loooovvvveeee what I am doing now. Bekerja tapi menambah ilmu dan bersenang-senang, eh di awal bulan tau-tau dibayar hihihi. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s