Berbuat baik, lalu lupakan

image

“Kalau bukan karena saya, ndak bakalan lah dia ada di situ sekarang”

“Sombong benar, ndak ingat siapa yang pertama kali disamperin waktu awal-awal dulu”

Aduh. Saya malu sebetulnya menulis postingan ini. Dua kalimat di atas rasa-rasanya pernah, bahkan sepertinya sering saya ucap. Baik terucap dalam hati atau diucapkan di hadapan orang lain.

Merasa berjasa itu berbahaya. Mengikis ikhlas yang mungkin sudah menghias niat di awal perbuatan. Diri ini harus lebih piawai lagi mengelola perasaan agar tak muncul kecenderungan ingin diterimakasihi. Juga harus lebih lihai mengingat orang-orang yang sudah berjasa atas hal-hal baik yang terjadi dalam hidup. Tak perlu sering-sering ngasi hadiah. Nanti disangka gratifikasi ya kan. Cukuplah dengan tidak berubah sikap dengan orang yang turut andil walaupun kecil dalam tiap langkah hidup yang sudah diambil.

Berbuat baik, lalu lupakan. Tujuannya, supaya tak usah merasa berjasa. Guru les bahasa Inggris saya, bapak wagiman allahuyarham, sering mewanti-wanti kami *saya dan teman-teman les* agar berhati-hati gunakan kalimat seperti contoh kalimat di atas. Kalau bukan karna saya, and so blablabla. Beliau bilang, kalimat seperti itu mengarah pada syirik. Karena sesungguhnya, segala sesuatu terjadi bukan karena kita, ya kan? Semua terjadi atas izin Allah. Kenapa kita merasa perlu merasa berjasa sekedar menjadi perantara pun. Maka, berbuat baik lalu lupakan.

Tapi, jangan pernah sekalipun melupakan perbuatan baik orang lain. Boleh saja orang lain lupa lalu berubah sikap dengan kita. Itu pilihannya, dan kita sama sekali tak punya hak untuk memaksa supaya dia atau mereka kembali seperti dulu lagi, ya kan. Namun kita punya ‘kuasa’ atas diri kita. Kita bisa memilih untuk tidak lupakan kebaikan orang-orang. Kebaikan sekecil apapun, hargailah. Termasuk karena sudah berbaik hati membaca postingan ini hingga selesai, baik ngasi komen ataupun membaca saja. Terima kasih ya🙂

2 thoughts on “Berbuat baik, lalu lupakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s