Hikmah Tidur Dalam Keadaan Gelap

Masih ingatkan dengan lirik-lirik lagu berikut, kalo tidak salah dan pasti bener, lagu ini dinyanyikan oleh Tasya feat Duta Sheila on 7, kalo tidak salah lagi judul lagunya “Jangan Takut Gelap”, dan kalo tidak salah juga lirikya begini :

Hai kawan jangan takut, jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku kan s’lalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur bers’limut mimpi
………………
Jangan takut akan gelap
Kar’na gelap melindungi diri kita dari kelelahan

Bait lagu diatas sepertinya tidak punya makna dan mungkin asumsi kita yang penting enak didengar. Tapi tahukah teman-teman, ternyata jika kita bicara soal gelap-gelapan ini, ada mengandung hikmah didalamnya. Terutama jika kita tidur dalam keadaan gelap alias lampu dimatikan. Dan ternyata juga, tidur dalam keadaan gelap ini baik loh buat kesehatan.

Riset ilmiyah terbaru menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses vital yang ada di dalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan berakibat kegemukan. Oleh karena itu para ilmuwan menasihatan untuk senantiasa mematikan lampu pada malam hari guna memelihara kesehatan tubuh dan otak.

Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti.

Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan karena jelas merugikan kesehatan.

Peneliti juga menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

Jika pada penelitian sebelumnya tidur malam dengan lampu terang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Maka pada penelitian terbaru ini menunjukkan paparan jangka pendek juga bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Dan masya Allah, nasihat ini yang disampaikan pada abad 21, sebelumnya telah disampaikan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam sejak 14 abad yang lalu, dalam banyak hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

“Matikanlah lampu-lampu pada malam hari ketika engkau hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu,” [HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dll] Dan dalam satu riwayat: “Tutuplah pintu-pintu dan matikanlah lampu-lampu, karena sesungguhnya al-fuwaisaqah – tikus- bisa jadi akan mneyenggol sumbu lampu yang masih menyala dan membakar rumah  penghuninya.” [Terdapat pada Shahih Al-Bukhari dalam Kitab Al-Isti`dzan no. hadits: 6259.]

Sumber: Muro’i el Barezy

2 thoughts on “Hikmah Tidur Dalam Keadaan Gelap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s