Memperlakukan Rumah

Rumah adalah tempat berkumpul anggota keluarga. Berkaitan dengan rumah, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam telah mencontohkan dan memberikan tuntunan bagaimana seharusnya memperlakukan dan beraktivitas di dalamnya.

1.Bersyukur Memiliki Rumah

Rumah dalam Islam merupakan sebuah karunia dan kehormatan, karena itulah orang yang memiliki rumah harus banyak bersyukur. Allah berfirman: “Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: ‘Waktu bagi manusia dan (bagi ibadah haji); Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang-orang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (Al-Baqarah [2]: 189)

2. Berdoa Saat Keluar Rumah

Dianjurkan membaca doa sebelum keluar rumah:

“Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah dan tiada daya dan upaya kecuali seizin Allah”. (Riwayat Tirmidzi)

3. Berdoa Saat Masuk Rumah

Dianjurkan berdoa saat masuk rumah:

“Dengan menyebut nama Allah kami memasuki rumah, dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah kami berserah diri.” (Riwayat Abu Dawud)

Dilanjutkan dengan mengucapkan salam.

4.Tidak Bermegah-megahan dalam Membangun Rumah

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hari Kiamat tidak akan terjadi sampai manusia bermegah-megahan dalam membangun.” (Riwayat Bukhari)

Tapi dianjurkan membangun rumah yang luas, sebagaimana sabda Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam, “Kebahagiaan seseorang pada rumah yang luas, tetangga yang saleh, dan kendaraan yang menyenangkan.” (Riwayat Ahmad)

5. Sering Dipakai Shalat Sunnah dan Membaca Al-Qur`an

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”Jadikanlah sebagian dari shalat kamu (shalat sunnah) di rumahmu dan janganlah menjadikannya sebagai kuburan.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

6. Tidak Memasukkan dan Memelihara Anjing di Rumah

Hal ini karena dalam banyak Hadits disebutkan, malaikat tidak memasuki rumah yang ada anjingnya. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”Barangsiapa yang memelihara anjing selain anjing penjaga sawah, anjing penjaga kambing, atau anjing pemburu, maka pahalanya akan dikurangi setiap harinya sebanyak dua Qirath (seukuran gunung Uhud).” (Riwayat Bukhari)

7. Mematikan Lampu dan Tidak Membiarkan Api Menyala

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tutuplah pintu, baringkanlah botol tempat minummu, baliklah bejanamu, padamkanlah lampu, sesungguhnya setan tidak membuka yang tertutup, tidak menempati tempat minum (yang dibaringkan), dan tidak pula membuka bejana (yang dibalik). Sesungguhnya binatang kecil yang nakal (tikus) bisa menyebabkan kebakaran pada rumah seseorang.” (Riwayat Abu Daud)

Demikian pula beliau mengingatkan, “Sesungguhnya api ini adalah musuh bagimu, maka jika kalian tidur padamkanlah api tersebut dari rumahmu.” (Riwayat Tirmidzi)

8. Menutup Pintu pada Malam Hari

Nabi bersabda, “Tahanlah anak-anakmu sampai berlalunya malam atau menghilangnya waktu isya; pada saat setan-setan sedang berkeliaran.” (Riwayat Muslim)

Demikianlah beberapa adab yang berkaitan dengan memanfaatkan rumah. Semoga kita bisa mengambil manfaatnya. Amin.* Bahrul Ulum/Suara Hidayatullah Desember 2012

Disalin dari: Majalah Suara Hidayatullah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s