Lazis! Lezatnya Kuliner Khas Timur Tengah

Jalan-jalan ke Timur Tengah seperti Arab Saudi kurang afdhol rasanya kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Yuk beli dan rasakan sendiri kelezatannya!

Restoran bernuansa Timur Tengah memang sudah menjamur di Indonesia. Lezatnya kebab atau nasi kebuli mungkin sudah sering Anda nikmati. Tapi bagaimana kalau mencicipinya langsung dari negeri asalnya dan hasil racikan koki Timur Tengah? Tentu akan lain rasanya.

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (26/7/2012), berikut 4 makanan khas Timur Tengah yang harus Anda cicipi saat berkunjung ke Arab Saudi:

1. Nasi Bukhori

Pernah mencoba legitnya nasi kebuli? Pada dasarnya nasi kebuli dan bukhori sama, yang membedakan hanyalah bumbu. Dari warna juga sudah terlihat kalau nasi kebuli berwarna cokelat, sedangkan bukhori berwarna kuning.

Tidaklah sulit untuk menemukan nasi bukhori. Anda bisa mencarinya di hampir setiap jalan yang ada di Kota Makkah, Madinah atau pun Jeddah. Jika sedang berada di Makkah, Anda bisa menyusuri Jalan Misfalah. Di sana banyak tempat makan yang menjual nasi bukhori.

Nah, jika Anda sedang berada di Madinah, sekitar Taman Yusuf ada banyak tempat makan nasi bukhori yang berjejer rapi. Biasanya nasi bukhori asik dinikmati bersama ayam panggang. Harganya pun cukup murah. Untuk satu porsi besar nasi bukhori lengkap dengan ayam panggang setengah ekor, dikenai harga 11 Riyal atau Rp 28.000.

2. Kebab

Siapa yang tak kenal kebab? Makanan khas Timur Tengah ini sudah banyak dijual di Indonesia. Bahkan di hampir setiap depan mini market Anda bisa menemukan kedai mini yang menjual kebab. Lalu bagaimana dengan kebab asli Arab?

Kebab memang menjadi makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Timur Tengah atau Arab Saudi. Sama halnya dengan toko nasi bukhori, toko makanan yang menjual kebab ada di setiap jalan di Arab Saudi, terutama Makkah dan Madinah dekat rumah ibadah.

Dari depan toko, Anda bisa melihat gulungan besar daging sapi atau ayam yang telah diberi bumbu dan dibakar. Siap dipotong untuk dijadikan kebab. Harga tidaklah mahal, satu porsi kebab dikenai harga 5 Riyal atau Rp 13.000.

3. Roti Tamis

Ini dia roti gandum yang mungkin jarang Anda temui, atau bahkan belum pernah. Roti tamis adalah roti gandum yang berbentuk lingkaran dan sangat tebal. Roti ini dibuat dengan cara dipanggang dalam panggang besar.

Roti tamis yang masih hangat terasa begitu lembut. Biasanya, roti bundar ini enak dimakan saat hangat bersama kari sebagai sarapan. Eits, jangan tunggu sampai dingin ya, karena roti tamis dingin akan menjadi keras dan tidak enak untuk dimakan.

Sayangnya roti lezat ini cukup sulit ditemukan, karena tidak banyak toko yang menjualnya. Jadi, bila Anda sedang traveling keliling kota di Arab Saudi dan menemukan toko roti ini, wajib membeli kuliner khas Timur Tengah.

Salah satu toko yang menjual roti tamis ada di Jalan Misfalah di Makkah. Letaknya begitu terpencil karena masuk di dalam gang. Cobalah telusuri gang, Anda bisa menemukan sebuah dapur sekaligus toko yang menjual roti tamis dipenuhi antrean panjang pembeli. Roti ini dijual hangat-hangat seharga 2 Riyal atau Rp 5.000/potong selagi baru matang. Istilahnya fresh from the oven.

4. Ayam Al Baik

Sama seperti fast food yang ada di Indonesia, Al Baik adalah nama tempat makan ayam cepat saji yang ada di Arab Saudi. Ini adalah restoran cepat saji paling terkenal di sana.

Rasanya yang diakui lezat berhasil mengundang banyak turis untuk menyantap makanan ini sebagai santap siang. Ada banyak jenis olahan ayam di Al Baik, yaitu nugget atau ayam goreng tepung.

Karena ini adalah tempat makan favorit penduduk Arab Saudi, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Al Baik begitu terkenal dan tersebar di berbagai kawasan di Arab Saudi. Untuk bisa menikmati satu ekor ayam Al Baik, Anda harus membayar 20 Riyal atau Rp 51.000. Meski mahal, Anda akan merasakan olahan daging ayam paling enak di Arab Saudi. Laziisss!

Sumber: detikTravel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s