Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

~* Manfaat Jahe Bagi Kesehatan *~

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang paling kuno dalam masakan di seluruh dunia. Hal ini telah menjadi terkenal karena berbagai manfaat kesehatan termasuk: kemampuan untuk meningkatkan kesehatan tulang, pencernaan ajudan, meningkatkan aktivitas seksual, dan mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan gangguan menstruasi, mual, dan flu.

Manfaat jahe -Jahe, juga dikenal sebagai Zingiber officinale, juga disebut sebagai ” jahe root “, meskipun bagian dimakan dijual di pasar dan digunakan dalam masakan, sebenarnya batang atau rimpang. Dalam budaya Barat, sebagian besar digunakan dalam permen dan minuman beralkohol seperti: jahe bir dan anggur jahe. Sementara di budaya Asia, secara langsung menggunakan bubuk dalam makanan tradisional dan minuman ringan seperti kopi dan teh . Wang jahe yang begitu harum disebabkan oleh minyak esensial dalam komposisi, didambakan dan diekstraksi dengan rempah sejak zaman kuno.

Berdasarkan berbagai penelitian modern yang dilakukan oleh para ahli, diketahui beberapa manfaat jahe untuk kesehatan sebagai berikut:

~ Jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kemampuan untuk memperlebar pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Karena hal tersebut, darah dapat mengalir lebih cepat dan lebih lancar.

~ Jahe dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Hal ini dikarenakan jahe memiliki beberapa kandungan enzim protease dan lipase yang dapat mencerna protein serta lemak dalam tubuh.

~ Jahe dapat membantu membersihkan tubuh dari darah kotor dengan membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh.

~ Jahe dapat mengobati mual dan muntah, menambah nafsu makan, memperkuat otot usus, mengatasi batuk, dll. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kandungan minyak gingerol yang dapat memblok serotonin dan menjadi bau harum khas jahe.

~ Jahe dapat mencegah penggumpalan darah. Jahe mengandung Gingerol yang menjadi antikoagulan (pencegah penggumpalan darah).

~ Jahe dapat menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh karena jahe juga memiliki kandungan Antioksidan yang cukup tinggi.

Selain beberapa manfaat jahe diatas ternyata masih banyak lagi manfaat jahe yang bisa kita dapatkan diantaranaya adalah dapat mengobati berbagai penyakit ringan seperti :

1. Sariawan

Rebus jahe segar (800 gr) dan masukkan ke dalam mangkok yang siap digunakan. Gunakanlah rebusan air jahe hangat tersebut untuk berkumur, 2-3 kali sehari. Enam hingga sembilan kumuran akan memiliki hasil yang luar biasa.

2. Periodontitis

Kumur mulut dengan air jahe hangat pada pagi dan malam hari. Jika tenggorokan terasa sakit atau gatal, jahe hangat dapat ditambahkan garam dan gunakan 2-3 kali sehari.

3. Kerusakan gigi

Kumurlah mulut dengan jahe hangat pagi dan malam hari. Minum air jahe sebagai minuman sehari-hari dapat membantu mencegah dan meringankan gejala tersebut.

4. Migrain

Rendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Cara semacam ini dapat membantu meringankan rasa sakit.

5. Mabuk

Minumlah air jahe hangat. Ketika seseorang mabuk, air jahe akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. Dapat pula ditambahkan madu untuk meningkatkan rasa.

6. Jerawat

Cuci wajah dengan air jahe hangat pagi dan malam hari. Kondisi ini akan dapat meringankan bahkan menghilangkan jerawat dalam waktu 60 hari. Cara ini dapat pula diterapkan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan kulit kering.

7. Ketombe

Gosoklah jahe mentah ke dalam rambut. Kemudian bilas dengan air jahe hangat. Metode ini juga dapat membantu mencegah rambut rontok. Di sejumlah toko di Tiongkok, mereka memiliki cara khusus menggunakan air jahe hangat untuk mencuci rambut. Banyak orang telah menikmati perawatan ini dengan hasil yang baik. Mencuci rambut dengan air jahe merupakan resep kuno peninggalan nenek moyang.

8. Nyeri Pinggang dan Punggung

Tambahkan sedikit garam dan cuka ke dalam air jahe hangat. Rendamlah handuk dengan air ini. Kemudian bilas dan tempel pada tempat yang terasa sakit. Ulangi beberapa kali. Metode ini dapat melemaskan otot dan membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi rasa sakit.

9. Kaki Bau

Tambahkan garam dan cuka ke dalam air jahe hangat. Rendam kaki selama 15 menit. Kemudian keringkan kaki dengan handuk lalu taburkan bedak talk. Selamat mencoba.

10. Tekanan darah tinggi

Rendam kaki dalam air jahe hangat selama 15 menit. Metode ini membantu sirkulasi darah dengan cara refleksologi untuk menurunkan tekanan darah.

11. Pilek

Rendam kaki hingga ke pergelangan dalam air jahe panas. Tambahkan garam dan cuka serta tambahkan air hangat secara terus menerus. Rendam sampai kaki berubah menjadi merah, metode ini juga baik untuk menghilangkan sakit kepala dan batuk. (Erabaru/SC/sua)

Manfaat kesehatan lain dari jahe saat ini dalam penelitian adalah: mengurangi penyakit jantung, arthritis , migrain, depresi, dan menyembuhkan stres yang berhubungan dengan kecemasan gangguan.

Jahe dapat memiliki efek samping bagi mereka yang menderita batu empedu karena ramuan menghasut pelepasan empedu dari kantong empedu. Oleh karena itu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi jahe.

Dikutip dari berbagai sumber
> Persaudaraan Guru Pendidikan Agama Islam…. (Galuh Rossie) | Via fb page Apple

2 thoughts on “Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s