Ongkos Traveling ke Singapore dari Pontianak

Tulisan ini merupakan rangkaian dari tulisan saya tentang program KEy Smart Traveling.

Biaya perjalanan menuju Singapore sebetulnya beragam. Tergantung dari kota mana kita berangkat. Berhubung waktu itu saya dan rombongan berangkatnya dari Pontianak, maka kali ini saya akan menyajikan estimasi biaya traveling dari Pontianak ke Singapore, roundtrip, alias pp, alias pulang pergi, dengan perhitungan 16 orang yang menjadi peserta traveling.

Tiket Pesawat

Kami berangkat ke Singapore dari Kuching dengan pesawat Air Asia. Harga tiket yang kami dapatkan untuk tiap orang berbeda-beda, berkisar antara Rp. 800.00 – Rp. 1.200.000 per orang untuk penerbangan roundtrip Singapore – Kuching – Singapore. Berhubung ini adalah traveling komunitas, maka harga tersebut kami bagi rata menjadi sekitar Rp. 1.100.000 per orang.

Tiket Bus

Demi menghemat biaya, kami memilih menggunakan bus untuk menuju Kuching. Bus yang kami pilih adalah Bus Eva yang berada di Jl. Sisingamangaraja Pontianak. Tiket bis roundtrip Pontianak – Kuching – Pontianak untuk Bus Eva kelas super adalah Rp. 380.000 per orang.

Fee + Potongan Kartu Kredit + Potongan Bank

Fee dan potongan kartu kredit ini berlaku karena kami menggunakan jasa perusahaan travel untuk pesan tiket. Sedangkan potongan bank untuk uang yang kami tabungkan di bank demi keamanan. Total biayanya adalah Rp. 93.000 per orang

Penginapan di Kuching

Berhubung kami pulang dari Singapore dengan jadwal keberangkatan siang hari, maka kami harus transit 1 malam di Kuching untuk keberangkatan bus ke Pontianak esok harinya. Kami memutuskan untuk menginap di Laila Inn. Kami memesan 4 kamar sehingga 1 kamar berisi 4 orang. Biaya penginapan di Kuching + biaya telpon hostel untuk booking sekitar Rp. 100.000/orang/malam.

Penginapan di Singapore

Di Singapore kami memilih hostel yang murah meriah: ABC Hostel yang per malamnya dikenai biaya $22 atau sekitar Rp. 174.000. Kami menginap selama 2 malam, sehingga per orang dikenai biaya Rp. 348.000. Di ABC Hostel, pengunjung juga akan dikenai biaya $10 untuk sewa kunci kamar. Tapi uang ini nanti akan dikembalikan lagi saat kita check out.

Transportasi

Selama di Singapore, kami lebih banyak naik MRT, jalan kaki, dan naik bis. Untuk MRT dan bis, kita perlu membeli EZ Link Card seharga $12. EZ Link Card ini bisa diisi ulang kalo saldonya habis. Sebagai persiapan, kami menganggarkan $40 untuk transport, yang kalo dirupiahkan jadi sekitar Rp. 316.000 per orang.

Di Malaysia, kami memilih naik taksi. Untuk transportasi selama di Malaysia, kami anggarkan RM30, atau sekitar Rp. 95.000 per orang.

Maka, jika ditotalkan, transport di Singapore + Malaysia yaitu Rp. 411.000 per orang.

Makan dan Minum

Untuk makan dan minum selama di Singapore + Malaysia, kami menganggarkan Rp. 395.000 per orang.

Belanja souvenir

Belanja souvenir kami anggarkan dari dana yang tersisa untuk keperluan di atas, menjadi Rp. 173.000 per orang.

Maka, total seluruhnya adalah Rp. 3.000.000 per orang.

Tentu saja tiap peserta dipersilakan untuk membawa bekal uang masing-masing. Kalau tidak sempat menukarkan uang di Pontianak, bisa ditukar di money changer yang ada di airport, baik Changi maupun Kuching International Airport.

Untuk detail cerita perjalanan kami, bisa dibaca di blog saya🙂

Nah, have a nice traveling!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s