Kehalalan Makanan Pengaruhi Perilaku Seseorang

Sebagai sumber energi, makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan. Mengonsumsi makanan halal tentunya menjadi modal yang menunjang aktivitas sehari-hari. Untuk mendapatkan hasil yang baik makanan halal ini akan memberikan dampak positif bagi tubuh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dra. Hj. Mursyidah Thahir, M.A., anggota Komisi Fatwa (KF) MUI. Menurutnya, makanan yang halal insya Allah akan menghasilkan energi tubuh untuk beraktivitas yang halal pula.

Menurut dosen Institut Ilmu Al-Quran ini, energi tubuh untuk gerak aktivitas yang halal itu bisa disebut sebagai energi positif yang konstruktif. Dari situ akan menghasilkan gerak gerik yang positif dan bernilai ibadah. Energi yang dihasilkan dari makanan yang halal akan mengarahkan diri untuk melakukan aktivitas yang baik dan positif.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang haram mempengaruhi gerak aktivitas tubuh untuk melakukan sesuatu yang haram atau menghasilkan energi negatif destruktif. Makanan tidak halal membuat tubuh merasa berat untuk melakukan aktivitas yang bernilai ibadah.

Kehalalan makanan dapat dilihat dari dua sisi. Yang pertama adalah dari zat makanan yang terkandung di dalamnya. Dari mulai bahan-bahan, alat dan cara pengolahannya haruslah sesuai dengan cara halal. Yang kedua, halal dari cara mendapatkannya, haruslah dari cara yang halal, bukan dari mencuri, berbohong ataupun korupsi.

Sumber: detikfood

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam beberapa surat berikut ini:

Al Fathir 35:3
Hai, manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezki kepadamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?”

An Nahl 114-116
Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika hanya kepadaNya saja kamu menyembah (114)

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain ALlah. Tetapi baerangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (115)

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta ‘ini halal dan ini haram’ untuk mengadakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengadakan kebohongan kepada Allah tidaklah beruntung (116)

Al-An`am 145

Katakanlah, `Tidak kudapati di dalam apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan memakannya, kecuali daging hewan yang mati (bangkai), darah yang mengalir, daging babi-karena semua itu kotor- atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah. Tetapi barang siapa terpaksa bukan karena menginginkan dan tidak melebihi (batas darurat) maka sungguh, Tuhanmu Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Al-An`am 138

Dan mereka berkata (menurut anggapan mereka), “Inilah hewan ternak dan hasill umi yang dilarang, tidak boleh dimakan, kecuali oleh orang yang kami kehendaki”. Dan ada pula hewan yang diharamkan (tidak boleh) ditunggangi, dan ada hewan ternak yang (ketika disembelih) boleh tidak menyebut nama Allah, itu sebagai kebohongan terhadap Allah. Kelak Allah akan membalas semua yang mereka ada-adakan.

Al-An`am 118

Maka makanlah dari apa (daging hewan) yang (ketika disembelih) disebut nama Allah, jika kamu beriman kepada ayat-ayatNya.

Al-An`am 121

Dan janganlah kamu memakan dari apa (daging hewan) yang (ketika disembelih) tidak disebut nama Allah, perbuatan itu benar-benar suatu kefasikan. Sesungguhnya setan-setan akan membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu. Dan jika kamu menuruti mereka, tentu kamu menjadi orang musyrik.

Al-An`am 119

Dan mengapa kamu tidak mau memakan dari apa (daging hewan) yang (ketika disembelih) disebut nama Allah, padahal Allah telah menjelaskan kepadamu, kecuali jika kamu dalam keadaan terpaksa. Dan sunguh, banyak orang yang menyesatkan orang dengan keinginannya tanpa dasar pengetahuan. Tuhanmu lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas.

Al-Maidah:3

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Al-Maidah:4

Mereka menanyakan kepadamu: “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah: “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatihnya untuk berburu, kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu, Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya

Al-Baqarah:168-169

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan jangalah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguuhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadpa Allah apa yang tidak kamu ketahui

At-Taubah:16

Dan Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan

wallahualambisshowab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s