Tarbiyah Quote of The Day 10

Tarbiyah Quote of the Day :

“Hukum0hukum Islam dlm bidang pidana dan perdata sebenarnya merupakan sub-sistem. Tapi dampak penerapan syariah tsb pada penciptaan keamanan dan kesejahteraan hanya dpt muncul di bawah sebuah pemerintahan yg kuat. Dan itu bertumpu pada manusia. Hanya ‘orang kuat yang baik’ yang bisa memberikan keadilan dan menciptakan kesejahteraan, bukan orang baik. Krn hanya org kuat yg baik yang dapat menerapkan sistem Allah secara sempurna. Dan inilah makna hadits Rasulullah saw, ‘Laki2 mukmin yg kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada laki-laki mukmin yang lemah’.” (Anis Matta, dikutip dari buku “Dari Gerakan ke Negara”)

Ulasan :

Penerapan sistem yang baik hanya dapat dikawal oleh orang-orang yang baik pula. Untuk mengawalnya, orang-orang itu tidak cukup hanya bermodal kebaikan, tapi juga harus memiliki kekuatan yang bermacam-macam bentuknya; kekuatan fisik, kekuatan intelektual, kekuatan emosional, kekuatan finansial dan sebagainya. Adakalanya seseorang tidak memiliki semua kekuatan itu secara merata. Yang pasti, para da’i harus mempersiapkan dirinya dan mengasah segala potensinya
demi mengawal cita-cita yg jauh lebih megah daripada dirinya sendiri, dan jelas bukan sekedar mimpi di siang bolong yang hanya menjadi bunga tidur yg tidak membutuhkan tindak lanjut.

Oleh: Akmal Sjafril | @malakmalakmal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s